Yayasan Padma Bhuana

Jln. Graha Wisata Gg I/2 Sidakarya
(0361) 726782, 7844104,7426261, 8016398
PadmaBhuana@yahoo.com
www.PadmaBhuana.com

 

Padma Bhuana Bali

Home
..................................................
Pengurus Pelaksana
..................................................
Heart light Meditation & Yoga
..................................................
Jenis yoga menurut Kitab Yoga Sutra
..................................................
Kegiatan rutin padma Bhuana
..................................................
Photos Galleries kegiatan
..................................................
Tempat Latihan Cahaya Hati
..................................................
Puisi Ungkapan Keluarga Bahagia
..................................................
Otonan & Bebayuhan Bersama
..................................................
Workshop
..................................................
Artikel
..................................................
info Perkebunan
(keep in Green)

..................................................
Cara Menghindar dari Bahaya Gempa dan Tsunami
..................................................
Tirta Yatra Pura Puncak Mangu

 


Fungsi Vitamin didalam Tubuh

 

Fungsi Vitamin didalam tubuh sebagai pengatur reaksi biokimia hingga process-process dapat berjalan lancar dengan normal tanpa gangguan. Ini ada table berisikan fungsi dari setiap vitamin yang dibuat oleh Muller 1995.


Sayuran kaya akan beberapa mineral dan vitamin, Untuk lebih mantab lagi tabelnya, lihat tabel berikut:

kandungan vit sayuran2.png
B. Fungsi Mineral dan Unsur Mikro didalam Tubuh
Didalam buku seri hortikultura obat-obatan pleh K.A. Wijaya, 2009 juga yang disebutkan beberapa manfaat mineral sebagai berikut:

F. Bentuk dan jenisnya
Berdasarkan jenisnya, sayur mayur yang disebutkan pada buku Budidaya Sayuran di Pekarangan, Dept. Pertanian , 2009) sayuran terdiri dari:

1.Daun

Sayuran jenis ini memiliki ciri kadar air dan selulosa tinggi, kandungan energi dan protein yang rendah, vitamin dan mineral yang terkandung pada sayuran ini sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan manusia, kaya akan zat besi, vitamin A dan beberapa vitamin B1, serta memiliki kandungan vitamin C.
Contoh sayuran yang termasuk ke dalam jenis ini adalah bayam, selada air, pakis, kangkung, katuk, selada , kubis, kemanggi, kenikir dan sebagainya.

2. Bunga, pucuk, umbat, dan batang

Karakteristik dari sayuran ini adalah memiliki kadar air yang tinggi, mengandung selulosa yang normal, kandungan protein yang sedikit, memiliki kadar kalsium yang sedang, dan beberapa sayuran memiliki kandungan provitamin A yang tinggi.
Contoh: Brokoli, Asparagus, seledri, kembang kol, dan sebagainya

3. Buah

Ciri dari sayuran buah adalah kadar air yang tinggi, kadar selulosa yang tinggi, vitamin yang tinggi, namun kadar mineral rendah.
Contoh: Tomat, mentimun, terung, paria, oyong, labu, cabe merah/hijau dan sebagainya.

4. Biji atau Polongnya

Yang membedakan jenis ini berbeda dengan jenis sayuran ini adalah kandungan selulosa yang rendah, kandungan air yang rendah, kandungan protein yang lumayan, vitamin B kompleks yang lumkapri dan baby corn.

5. Umbi

Kandungan karbohidrat yang lumayan, kadar air tinggi, mengandung glukosa, fruktosa, mineral dan vitamin yang rendah membuat jenis sayuran ini berbeda dengan yang lain. Umbi menjadi pilihan konsumsi diet karena memiliki mineral dan vitamin yang rendah.
Contoh: wortel, ubi jalar, ubi cilembu, lobak, kentang dan bit.

6. Penyedap/Bumbu

Penyedap ini ditujukan agar masakan menjadi lebih enak dan menarik.
Contoh: Cabai, jahe, lengkauas, dan kunyit.

 

G. Warna Sayuran dan Buah
Sayur Mayur dan buah memiliki berbagai macam aneka warna yang berbeda-beda. Sayur mayur dan buah merupakan sumber makanan yang kaya akan kandungan gizi, vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat kesehatan tubuh. Arti dari warna sayuran dan buah menunjukkan kandungan fitonutrien yang terkandung di dalamnya. Fitonutrien atau kadang disebut fitokimia, dalam arti luas adalah segala jenis zat kimia atau nutrien yang diturunkan dari sumber tumbuhan, termasuk sayuran dan buah-buahan. Dalam penggunaan umum, fitokimia memiliki definisi yang lebih sempit. Fitokimia biasanya digunakan untuk merujuk pada senyawa yang ditemukan pada tumbuhan yang tidak dibutuhkan untuk fungsi normal tubuh, tapi memiliki efek yang menguntungkan bagi kesehatan atau memiliki peran aktif bagi pencegahan penyakit.
Fungsi fitonutrien bagi tumbuhan adalah menjaganya dari lingkungan sekitar, seperti pemangsa, virus, bakteri dan jamur. Sedangkan fungsi fitonutrien bagi manusia antara lain yaitu untuk menjaga kesehatan jantung, sirkulasi darah, membantu pertumbuhan sel dan fungsi organ tubuh, serta antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Fitonutrien yang terkandung pada buah dan sayuran masing-masing berbeda-beda satu sama lain. Jenis-jenis fitonutrien antara lain Lycopene, Beta-Carotene, Anthocyanidins, Resveratol, Striknin, Skopolamin, Skopoletin, Skoparon, Allicin, dan Lutein. Untuk mendapat semua manfaatnya, disarankan anda untuk mengkonsumsi aneka buah dan sayuran ini dengan berbagai ragamnya setiap hari. Berikut kandungan fitonutrien pada warna buah dan sayur serta manfaatnya bagi kesehatan kita. 

Penyebab warna Sayuran dan Buah
Hal yang menarik dari suatu sayuran adalah warna dari sayuran tersebut. Penyebab dari warna-warna pada sayuran adalah karena adanya pigmen. Dianjurkan kita mengomsumsi buah dan sayuran yang beraneka ragam dan berwarna warni setiap harinya, seperti warna merah, putih, biru,ungu, kuning, dan hijau.  Malah disebutkan bahwa di Jepang warganya dianjurkan makan sayuran dan buah lengkap ke 9 warna tersebut setiap hari. (Made Astawan, majalah Srada edisi IV, 2011).

Pigmen pada tumbuhan terbagi menjadi:

1. Klorofil

Pigmen ini akan menghasilkan warna hijau pada tumbuhan. Klorofil digunakan sebagai tools untuk melakukan anabolisme pada tumbuhan. Warna hijau ini menentukan kesegaran pada tumbuhan (kecuali beberapa tumbuhan seperti wortel). Akan tetapi berbeda pada kentang. Pada awal panen, kentang tidak berwarna hijau. Namun, setelah terkena cahaya matahari, klorofil akan terbentuk dan kentang menjadi berwarna hijau. Warna hijau pada kentang sangatlah beracun (Solonin). Racun ini memiliki rasa pahit dan sulit dihilangkan. Kadar normal solonin adalah 0,01-0,10% dari berat umbi. Jika lebih, akan menjadi racun.

2. Karotenoid

Karotenoid terbagi menjadi:

  1. Karoten -> tidak adanya Oksigen pada molekul -> berwarna oranye -> wortel -> mempengaruhi kandungan proVitamin A -> mudah teroksidasi sehingga berubah warna
  2. Xantofil -> ada atom oksigen pada molekulnya -> berwarna kuning -> jagung
  3. Likopen -> berwarna merah -> tomat
  4. Krosetin – > berwarna kuning oranye -> kunyit
3. Flavonoid

Flavonoid pun terbagi menjadi:

  1. Antosianin; Memiliki warna ungu, biru, dan merah. Faktor penentu warna tersebut adalah konsentrasi pigmen, pH, dan pigmen yang lain. Jika kadar antosianin tinggi, maka akan terbentuk warna ungu kehitam-hitaman. Jika kadar rendah maka akan terbentuk warna ungu. Jika kadar pH tinggi, akan terbentuk warna putih. Jika kadar pH netral, maka akan terbentuk warna biru. Jika kadar pH rendah, akan terbentuk warna merah.
  2. Antoxantin ; Warna yang terbentuk dari antoxantin adalah warna kuning dan putih. Pada umumnya terdapat pada bawang dan kentang. Jika pH>=8 maka akan terbentuk warna kuning. Jika pH<6, maka akan terbentuk warna putih atau tidak berwarna.
  3. Tanin: Pigmen ini tidak berwarna dan terdiri atas kathekin dan leukoantosianin. Jarang terdapat pada sayuran namun kaya pada buah seperti apel, salak, dan pisang.

 Setiap warna menunjukkan keberadaan senyawa bioaktif tertentu yang berkasiat untuk pencegahan terhadap penyakit tertentu (Made Astawan, majalah Srada edisi IV, 2011) Untuk lebih jelas mengenai pigmen, lihat tabel berikut:


jenis pigmen pd sayuran.png


Adapun khasiat sayuran dan buah menurut warnanya sebagai berikut:

Warna Merah
                Sayuran dan buah berwarna merah berarti didalamnya tersebut terdapat kandungan Antosianin dan Lycopene. Antosianin berguna untuk mencegah infeksi dan kanker kandung kemih, sedangkan Lycopene menghambat fungsi kemunduran fisik dan mental agar kita tidak mudah pikun. Selain itu, Lycopene juga mencegah bermacam-macam penyakit kanker. Lycopene juga dikenal sebagai Antioksidan tinggi untuk melindungi tubuh dari serangan virus, infeksi serta dapat mencegah penuaan dini dengan cara melindungi lapisan kolagen yang sangat baik untuk kesehatan kulit dalam tubuh kita.
Sementara sayuran yang berwarna merah seperti terong, kol merah, dan bayam merah. Pigmen pada sayuran jenis ini mengandung flavonoid yang berfungsi sebagai antikanker. Selain itu, kol merah jika disantap mentah ternyata mengandung senyawa fitokimia dan vitamin C dua kali lipat daripada kol putih. Seperti semangka mengandung senyawa bioaktif Likopen yang berfungsi mencegah penyakit Jantung, prostat dan kancer. Atau apel merah, strowbery dan anggur merah mengandung antosianin, asam elagik, vitamin C dan serat yang bermanfaat mencegah gumpalan darah Alzheimer dan kanker. Sementara apricot dan mangga yang berwarna orange mengandung zat bioaktif alfa carotene. Beta  karoten, vitamin C plus folat yang dapat mencegah penyakit paru-paru, jantung dan kancer. (Made Astawa, 2011)

Jingga, hijau  dan Kuning
Buah dan sayur yang berwarna jingga atau kuning mengandung Beta-Carotene sebagai antioksidan yang bisa mencegah penyakit jantung, kanker kulit dan penuaan dini serta sebagai sumber vitamin C yang membantu tubuh menyerap zat besi untuk mencegah anemia dan rasa letih yang berlebih. Selain itu, sebagian Beta-Carotene yang ada di dalam tubuh berubah menjadi vitamin A yang akan memacu sistem kekebalan tubuh, membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit. Buah yang berwarna kuning ini seperti Jeruk, papaya dan Belimbing dapat mencegah kancer. Sedangkan alpukat, apel hijau, melon dan kiwi bermanfaat memerangi katarak, degenerasi maskuler, dan kancer. (Made Astawa, 2011).

Ungu, Biru, dan Hitam
            Mengandung Anthocyanidins Resveratol, Striknin, Skopolamin, Skopoletin dan Skoparon yang merupakan senyawa aktif yang dapat menghambat serangan gugup atau kekejangan saraf. Selain Oksidan yang tinggi sayur dan buah warna ungu-biru hitam ini baik untuk memperlancar peredaran darah.
Hijau
            Sayur berwarna hijau merupakan sumber kaya Beta-Carotene (provitamin A). Semakin tua warna hijaunya, maka semakin banyak kandungan Beta-Carotenenya. Kandungan Beta-Carotene pada sayuran membantu memperlambat proses penuaan dini mencegah resiko penyakit kanker, meningkatkan fungsi paru-paru dan menurunkan komplikasi yang berkaitan dengan diabetes.
Selain itu, sayur mayur dan buah-buahan berwarna hijau juga mengandung Lutein, Vitamin dan Mineral yang sangat baik untuk sistem imun atau kekebalan tubuh serta baik untuk mata juga kulit. Vitamin K dalam sayuran hijau juga membantu tubuh menyerap kalsium untuk menjaga kekuatan tulang, juga pertumbuhan kuku dan rambut yang sehat.
Putih
            Mengandung Allicin untuk menjaga kesehatan tulang, kesehatan fungsi arteri dan kelancaran peredaran darah. Kandungan serat dan vitamin C dalam buah-buahan berwarna putih juga tinggi. Manfaat langsung serat itu membuat kita nyaman saat buang air besar.

H. Manfaat makan Buah dan Sayuran
Makanan dari buah dan sayuran ini kaya akan vitamin, mineral seperti vitamin C, fospat dan Kalsium. Kita perlu cukup Vitamin C yang bermanfaat untuk penyerapan zat besi untuk mencegah anemia, Zat kolagen bermanfaat untuk kesehatan kulit, dan juga meningkatkan kekebalan tubuh.  Untuk asam folat bermanfaat neural tuve defects pada janin selama masa keamilan. Manfaat mineral kalsium untuk mencegah hypertensi dan sebagai pelemas otot-otos. Serat pangan (dietry fiber) sebagai komponen bioaktif dan pigmen pemberi warna dan penangkal bioaktif atau menjaga kekebalan tubuh agar tetap sehat. Maka dianjurkan sebaiknya mengomsumsi banyak makanan berserat yakni 25-30 gram per hari. Secara nacional disebutkan orang dewasa perlu serat rata-rata sekitar 10.5 gram per hari. (Made Astawan, majalah Srada edisi IV, 2011)
Kalau kita mudah lelah, kurang energi, terasa pegal linu, kulit bermasalah, kulit bintik-bintik merah, radang eksem, hipertensi, kolesterol, asam urat, gula drah tinggi, nyeri sendi otot, waktu bangun pagi terasa malas dan kaki terasa berat, kesemutan itu semua tandanya kelebihan asam dialam tubuh. Cara meneteskan airkencing ke kertas Lakmus. Bila diteteskan zat asam pada kertas lakmus maka akan berubah warna menjadi merah. Sedangkan pada zat basa maka kertas lakmus akan berubah warna menjadi warna biru.  Cara lain yang sangat sederhana diantaranya: bila saat kencing dipagi hari amati warna air kencing. Bila warna air kencing dibagian tengah berwarna merah tandanya dibadan kita terlalu banyak asam, sedangkan kalau warna hijau maka didalam tubuh banyak basa. Kalau sudah agak keruh, dan berwarna agak merah silakan makan cukup  vegetarian dengan makan banyak sayuran dan buah-buahan, niscaya tubuh akan kembali ke sifat basa. Maka dalam beberapa hari penyakit terasa mudah lelah, kurang energi, terasa pegal linu, kulit bermasalah, kulit bintik-bintik merah, radang eksem, hipertensi, kolesterol, asam urat, gula drah tinggi, nyeri sendi otot, waktu bangun pagi terasa malas dan kaki terasa berat, kesemutan akan hilang dengan sendirinya. (Majalah srada, asam Basa Tubuh, 2011).
Manfaat dari segi bentuk
            Dengan melihat bentuk, kita akan tahu kashiat dari pada buah atau sayuran yang kita konsumsi. Tanaman sebagai apotiknya Tuhan. Dan dominan yang berupa buah dan sayuran mengandung mineral bersifat basa.  Disebutkan dalam majalah Srada, Apotek Tuhan, 2011 bahwa” Bentuk buah sebagai tanda atau manfaat untuk penyembuhan penyakit”  antara lain:

1. Tanaman Wortel
Wortel memiliki bentuk bundar kalau dilihat dari tangkai daunnya seperti mata. Yang tengah pupilnya, yang pinggir itu irisnya. Gambar urat wortel itu sebagai menyerupai garis vena di mata. Didalam ilmu pengetahuan disebutkan bahwa wortel sangat bagus untuk mengatasi berbagai jenis penyakit mata. Sebagai pelancar peredaran darah dan fungsi sel receptor mata.
2. Tanaman Tomat
            Buah tomat berbentuk seperti bilik jantung. Kandungannya yang baik berupa zat resveratrol. Tomat sangat baik untuk mengobati penyakit prostat. Dan juga sangat baik untuk  mengobati penyakit jantung.
3. Kacang Kenari
            Bentuknya seperti otak. Ini disebutkan bagi yang sering pelupa sangat baik dikomsumsi oleh orang yang sering pelupa.
4. Kacang Merah
            Bentuknya persis seperti ginjal. Jika memiliki masalah dengan ginjal silakan makan kacang merah.
5. Seledri
            Seledri memiliki bentuk seperti tulang. Bagi yang sering merasa sakit tulang, sakit otot, radang sendi silakan makan sayuran seledri.
6. Alpukat
            Bentuknya seperti organ genital wanita. Bagi yang merasa sakit saat menstruasi atau saat setelah berhubungan suami istri maka makan saja buah apokat.
7. Ubi Manis
            Bnetuknya ubi ini seperti pankreas. Nah, bagi yang sakit diabetes disarankan makan ubi manis.

8. Zaitun
            Bentuknya seperti telor. Ini disebutkan sangat baik untuk kesuburan wanita “hidung telor” menstruasi yang tidak teratur lancar, silakan makan buah zaitun atau menggunakan banyak minyak zaitun.
9. Jeruk
            Bentuknya seperti payudara. Bila wanita mengalami keluhan dibagian payudaranya, sakit saat menstruasi, silakan makan jeruk yang banyak. Karena jeruk mengandung banyak Limonine sebagai anti kanker.
10. Bawang merah
            Ini sangat bagus sebagai herbal pembuang radikal bebas yang menggangu tubuh. Mampu membuang racun didalam sel tubuh dan juga memulihkan kerusakan pada dingding-dinding sel yang diakibatkan oleh radikal bebas.

            Mengkomsumsi buah dan sayuran dapat menekan resiko kanker lambung, paru, mulut, ginjal, kantong kemih dls. Seperti buah Tomat sebagai makanan yang dapat mencegah radikal bebas yang mengakibatkan terjadinya kanker prostat bagi lelaki. Zat warna merah yang disebut dengan lycopens sebagai substansi pencegahan kancer.  (K.A. Wijaya, 2009)
Lembaga Kanker Nasional USA menyarankan untuk mengomsumsi makanan sebagai berikut:

  1. Setiap hari mengomsumsi buah dan sayuran yang kaya vitamin A
  2. Setiap hari mengomsumsi buah dan sayuran yang kaya vitamin C
  3. Setiap hari mengomsumsi buah dan sayuran yang kaya akan serat
  4. Beberapa hari mengomsumsi sayuran sawi-sawian atau kubis-kubisan dalam seminggu.

I. Bebrapa contoh menú sehat
(Buku menú dan jus sehat, Athallah H.S., 2011)
Kebiasaan dan jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari sangat berperan penting didalam mempengaruhi kesehatan seseorang. Semakin baik pola makan kita , maka semakin terjaga kesehatan kita.

1. Pencegahan penyakit asam Urat.  (Athallah H.S., 2011)
Asam urat terjadi karena metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yang kita komsumsi. Makanan yang mengandung purin banyak berasal dari produk hewani. Beberapa jenis makanan dan minuman yang diketahui bisa meningkatkan kadar asam urat adalah alkohol, ikan hearing, telur, dan jeroan. Ikan hearing atau sejenisnya (sarden), dan jeroan merupakan sumber senyawa sangat potensial. Yang tergolong jeroan bukan saja usus melainkan semua bagian lain yang terdapat dalam perut hewan seperti hati, jantung, babat, dan limfa. Konsumsi jeroan memperberat kerja enzim hipoksantin untuk mengolah purin. Akibatnya banyak sisa asam urat di dalam darahnya, yang berbentuk butiran dan mengumpul di sekitar sendi sehingga menimbulkan rasa sangat sakit. Jeroan memang merupakan salah satu hidangan menggiurkan, di antaranya soto babat, sambal hati, sate jantung, dan kerupuk limfa. Tetapi salah satu dampaknya, jika tubuh kelebihan senyawa purin maka si empunya diri mengalami sakit pada persendian. Ini menú untuk makanan mencegah asam urat yang diberi nama Kare Vegetarian:


Bahan:
100 gram wortel, rajang kasar diagonal.
200 gram kol
125 gram terong
70 gram buncis
1 potong tahu, potong berbentuk dadu
½ potong tempe, potong berbentuk dadu
100 gram jamur
120 gram labu (pumpkin) potong berbentuk dadu
120 gram kentang, dipotong bentuk dadu
3 lembar daun jeruk
1 batang sereh memarkan
2 sendok gula pasir
15 gram asam jawa
2 gram ketumbar, disangai kemudian dimemarkan
Garam secukupnya.
Minyak goreng secukupnya, Air secukupnya
Bumbu yang dihaluskan:
150 gram bawang putih
100 gram bawang merah
50 gram kencur
35 gram lengkuas
150 gram cabe merah besar
30 gram kemiri
500 Ml santan kelapa.
Cara buatnya:

  1. Haluskan bumbu, kemudian tumis hingga harum
  2. Masukkan daun jeruk, sereh, ketumbar aduk beberapa saat.
  3. Masukkan santan dan air, aduk hingga bumbuu tercampur rata dengan santan
  4. Kemudian masukkan wortel, kol, terong, buncis, tahu, tempe, jamur, kentang, labu, tambahkan garam dan gula, masak hingga sayuran empuk dan matang.
  5. Setelah sayuran dan entang masak, matikan apinya.
  6. Hidangkan dengan piring untuk sup, hidangkan dalam keadaan panas.
    (Athallah H.S., 2011)

 

2. Pencegah Kolesterol tinggi.
Kolesterol adalah suatu penyakit akibat penumpukan lifid / zat lemak didalam darah, sehingga menyumbat pembuluh darah, yang menyebabkan terhambat jalannya darah didalam tubuh. Kadar kolesterol  yang berlebihan didalam darah dapat menimbulkan endapan-endapan lemak yang menempel pada dinding pembuluh darah, membentuk bekuan dan plak yang menyumbat arteri dan akhirnya memutuskan aliran darah ke jantung yang dapat menyebabkan serangan jantung atau bahkan  menghambat perdaran darah menuju otak (aterosklerosis) yang akan memicu penyakit stroke. Kolesterol yang diproduksi oleh hati. Kolesterol berfungsi untuk membangun dinding sel, memperkuat membran sel dan membuat hormon-hormon tertentu seperti hormon steroid.  Ini contoh sup untuk mencegah koleterol yang diberi nama sup tomat. (Athallah H.S., 2011).
Lipid atau lemak terdapat dalam makanan kita sehari-hari. Lemak tidak pernah larut dalam plasma darah. Kecuali bila diberikan dengan protehin tertentu, ia bisa menyatu dan mengambang didalam darah. Kolesterol ditinjau dari sudut kimiawi, diklasifikasikan dalam golongan lipid (lemak) yang berkomponen alcohol steroid. Sebagaian besar berfungsi sebagai sumber kalori dalam makanan. (Irena Manganti, 2011).
Juga disebutkan lemak dibutuhkan oleh tubuh. Selain sebagai cadangan makanan dan pelarut vitamin A, D, E dan K. lipid juga berungsi untuk memelihara jaringan syaraf dalam tubuh. Tetapi kadar lemak berlebihan akan memberikan efek yang serius berupa kerusakan pembuluh kroner. Kolesterol berperan dalam process pengapuran dinding pembuluh darah kroner. (Irena Manganti, 2011).
Adapun contoh makanan pencegah kolesterol tinggi seperti pasta sayur ini.
Bahan:
200 gram Tomat
50 gram kacang polong
75 gram wortel
1 sendok tomat yang diulek
2 sendok saos tomat
500 gram kaldu sayuran
¼ sendok lada
½ sendok garam
2 sendok tepung maicena, larutkan
1 batang seledri, cincang
1 sendok margarin untuk menumis.
Bahan kaldu:
200 gram bengkuang, kupas totong 6 bagian
200 gram wortel, kupas, potong 4 bagian
2 batang daun seledri, potong 2 bagian
2 buah jagung manis utuh, potong 3 bagain
½ sendok salada
1 sendok garam
Cara buatnya:

  1. Buat kaldu vegetarian dengan cara merebus bersama bangkuang, wortel, daun seledri, jagung manis, lada dan garam, masaklah dengan api kecil selama 30 menit, lalu angkat dan saringlah.
  2. Rendam tomat dalam air panas, diamkan sebentar, buang kulit ari dan isinya. Potong tomat sebesar bola dadu 1cm dan sisihkan.
  3. Panaskan margarin, tumis jahe hingga harum, tuangkan kaldu, garam, lada lalu aduk, masak hingga mendidih, angkat dan saring.
  4. Panaskan kembali kaldu, masukkan tomat uligan / pasta tomat, saos tomat, kacang polong, jagung, wortel, seledri, lada dan garam. Masaklah hingga mendidih. Tuangkanlah larutan manzena, aduk hingga rata dan didihkan, angkat lalu hidangkan untuk 6 orang. (Athallah H.S., 2011)

Jika seseorang menderita Kolesterol yang kronis maka aliran darahnya menjadi lemah. Memperdayakan darah kembali maka jantungnya harus bekerja keras memompa darah sehingga berangsur-angsur jantung menjadi lemah. Itu sebabnya pada kasus penyakit beri-beri, paru-paru basah, tuberkolosis, diabetes, kencing nanah, sífilis, dan penyakit kewanitaan. Semakin lama sembuh penyakit itu maka jantungnya semakin lemah. Sehingga bila jantung sudah sangat lemah maka jantung mulai berhenti berdetak. Perhatikan untuk penderita Jantung kronis diharapkan hanya makan buah, susu dan sayuran dari makan pagi, makan siang dan makan malam. Diharapkan mengurangi bahkan berhenti makan nasi. diharapkan minum susu yang cukup atau minum air dengan sedikit yougurt. Tidak menambahkan garam samasekali pada makanannya. Usahakan ruangannya cukup oksigen. Kalau haus minum air dengan sedikit ditambahkan air jeruk nipis. (K.A. Wijaya, 2009)
3. Mencegah  diabetes.
            Diabetes melitus adalah suatu penyakit atau gangguan kesehatan yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula dalam darah. Tingginya kadar gula karena kurang maksimalnya pemanfaatan gula oleh tubuh sebagai sumber energi karena kurangnya hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas atau tidak berfungsinya hormon insulin dalam menyerap gula secara maksimal oleh sebab itu penyakit ini juga biasa disebut atau didefinisikan sebagai penyakit gula darah, Diabetes adalah suatu penyakit yang mana tubuh tidak mampu menghasilkan insulin yang cukup. Insulin adalah suatu hormon sebagai pengatur gula dalam darah. Disini memerlukan aktifitas tubuh yang sehimbang dengan pola makan yang teratur dan seimbang. Penderita diabetes harus mengurangi makanan yang mengandung protein, lemak, gula, dan garam.  Ini contoh menu yang baik untuk penderita gula darah yang diberi nama Fritata Sayuran dan keju. (Athallah H.S., 2011).
Bahan:
8 butir telor atau 2 cup telor bebas kolesterol dan lemak.
½ gran garam
1/8 sendok lada bubuk.
½ cup keju parut.
2 sendok minyak sayur atau mentega
2 cup cincangan bawang Bombay
Cara membuatnya:

  1. Kocok telor, garam dan lada sampai tercampur, tambahkan keju lalu sisihkan.
  2. Panaskan fry-pan, tumis paprica, dan bawang Bombay sampai layu.
  3. Siram dengan kocokan telor, masak dengan panas api kecil atau sedang, selama 8-10 menit hingga telor mengeras, bawangnya kelihatan kecoklatan.
  4. Panaskan oven untuk broil, 500 derajat F, masukkan telor dengan fry-pannya rebus selama 2 menit, hingga permukaan telor coklat keemasan.
  5. Potong-potong seperti potongan pizza. Lalu suguhkan.
    (Athallah H.S., 2011)

4. Menu sehat mencegah kancer.
            Tumor ada dua macam yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Tumor jinak hanya tumbuh dan membesar, tidak terlalu berbahaya, dan tidak menyebar ke luar jaringan. Sedangkan tumor ganas adalah kanker yang tumbuh dengan cepat dan tidak terkendali dan merusak jaringan lainnya. (Athallah H.S., 2011)
Penyakit Kanker adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal. Sel-sel kanker akan berkembang dengan cepat, tidak terkendali, dan akan terus membelah diri, selanjutnya menyusup ke jaringan sekitarnya (invasive) dan terus menyebar melalui jaringan ikat, darah, dan menyerang organ-organ penting serta syaraf tulang belakang. Dalam keadaan normal, sel hanya akan membelah diri jika ada penggantian sel-sel yang telah mati dan rusak. Sebaliknya sel kanker akan membelah terus meskipun tubuh tidak memerlukannya, sehingga akan terjadi penumpukan sel baru yang disebut tumor ganas. Penumpukan sel tersebut mendesak dan merusak jaringan normal, sehingga mengganggu organ yang ditempatinya. Kanker dapat terjadi diberbagai jaringan dalam berbagai organ di setiap tubuh, mulai dari kaki sampai kepala. Bila kanker terjadi di bagian permukaan tubuh, akan mudah diketahui dan diobati. Namun bila terjadi didalam tubuh, kanker itu akan sulit diketahui dan kadang - kadang tidak memiliki gejala. Kalaupun timbul gejala, biasanya sudah stadium lanjut sehingga sulit diobati. (Athallah H.S., 2011)
Untuk yang kena penyakit kanker disarankan mengomsumsi herbal yang terbuat dari bahan sayuran dan buah-buahan secara continue. Dianjurkan hidup sehat dengan vegetarian, hindari makanan gorengan, dan yang dikeringkan karena pasti bersifat asam. Termasuk gula digolongkan asam, dan makanan yang mengandung pengawet juga termasuk asam benzoat, asam sitrat.  (Mahardika, 2005)
Contoh menú sehat dan lezat
Bahan:

  1. Agar-agar murni 2 pak
  2. Alpokat 500 gr
  3. Strawberry 200 gr
  4. Pisang ambon 30 gr
  5. Coklat 50 gr
  6. Maizena 50 gr
  7. Gula pasir 50 gr

Cara membuatnya

1. Puding

Rebus sari kedelai (jangan terlalu mendidih), masukkan agar-agar, pisang ambon, alphokat dan stawberry yang sudah dipotong-potong.
Aduk hingga rata lalu matikan api.

2. Saos

Panaskan sari kedelai, (150cc) masukkan gula pasir, kentalkan dengan maicena.
Potong puding sesuai selera, siram dengan saos dan coklat cair.
Sajikan dengan taburan almond
(Athallah H.S., 2011)

Kesimpulan

           Makanan dan minuman ada beraneka ragam. Alam semesta sebagai bhuana agung sudah menyediakan dengan lengkap buat kehidupan yang ada di planet bumi ini. Namun kita sebagai manusia harus memilah-milah didalam mengomsumsinya karena tidak semua makanan dan minuman tersebut cocok dan diperlukan oleh tubuh. Menurut ajaran ayurveda ada 3 jenis golongan makanan dan minuman (ayurveda: ilmu pengetahuan tentang hidup sehat, awet muda dan panjang umur). Adapun 3 golongan makanan itu antara lain:   pertama makanan  bersifat  Rajasika Ahara: makanan dan minuman yang menyebabkan manusia lebih agresif serta emocional seperti makan terlalu banyak kacang-kacangan, serta bumbu-bumbu yang pedas dls. Kedua makanan yang bersifat Tamasika Ahara: makanan dan yang menyebabkan manusia itu lebih pasif, acuh tak acuh. Contohnya terlalu makan sayuran hijau, kangkung, tuak, arak dan makanan yang diragikan, tuak, arak, dan beralhokol lainnya. Ketiga makanan Sattvika Ahara: suatu makanan yang bisa menambah sifat bijaksana, makanan yang mempu menjaga kesehimbangan tridosha didalam tubuh. Yaitu makanan yang seimbang sesuai kebutuhan tubuh.
           Kesehatan kita sangat perlu cukup Nutrisi seperti berbagai jenis vitamin, Mineral, protein, carbohidrat dls. Semua nutrisi tersebut berasal dari asupan luar tubuh yaitu dari unsur panca mahabhuta. Yang terpenting dari berbagai jenis sayuran dan buah-buahan yang kaya sekali akan nutrisi tersebut. Nutrisi sangat  penting untuk melanjutkan kehidupan yang sehat bisa berdiri tegak, badan selalu sehat, awet muda dan panjang umur.
           Jenis sayuran dan buah ini di Bali, sangat mudah kita dapatkan, bahkan tidak sedikit dari kita menanam sendiri dipekarangan sebagai tanaman hias yang memiliki nilai gizi yang tinggi untuk dikomsumsi. Dan jenis makanan ini sangat mudah didapat dan harganya cukup murah bila dibandingkan jenis makanan yang lain seperti jenis ikan laut/darat serta daging ungas atau binatang. Bahkan jenis sayuran dan buah-buahan sangat mudah untuk dikomsumsi baik dalam keadaan segar atau dimasak.



Manusia Berusaha menyempurnakan diri menuju hidup lebih baik pada kehidupan ini dan nanti.
Menuju kehidupan lebih baik adalah dambahan kita semua, Mari memilih lakukan yang terbaik buat diri sendiri, keluarga, teman dan se-isi semesta agar semua mahkluk hidup berdampingan dan berbahagia (N. Danny Sridana)

NEXT, Heart light Meditation & Yoga >>

Business motivation | Air Minum Kesehatan Nonmin | Bisnis related |

Sitemap